Minggu, 01 Maret 2015





"7 Kunci Sukses Bisnis Laundry #Part 2"


3. Fokus pada pelayanan
   
         Kebanyakan dari kita saat awal - awal kita membuka laundry pasti melakukan pelayanan sepenuh tenaga dan semaksimal mungkin, akan tetapi seiring jalannya waktu saat mulai kebanjiran order banyak dari kita yang mulai menomer dua akan pelayanan. Hal itu sungguh disayangkan, karena menurut kami pelayanan adalah tonggak penting dalam keberlangsungan laundry anda kedepannya. Jika pelanggan sudah puas dengan pelayanan laundry anda, maka mereka akan loyal dan tidak akan berpindah ke laundry lain.


4,  Menjaga kualitas
          
          Yang membedakan laundry anda dengan laundry pesaing disekitar anda adalah kualitas hasil setlikaan dan packing. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda memiliki sebuah standart kualitas hasil yang jelas dan harus anda selalu terapkan. Selain itu juga tanamkan pola pikir kepada karyawan anda bahwa kualitas adalah hal yang penting untuk menjaga kelangsungan usaha laundry anda. 


5.  Tenaga yang terampil dan terlatih

          Karyawan untuk bisnis laundry ialah salah satu faktor pendukung vital dan penting dalam usaha laundry anda, maka carilah orang dan latih karyawan anda bukan orang yang hanya bisa mencuci dengan mesin cuci dan menyetrika baju saja. Tetapi harus memiliki ketrampilan lain dan kemauan untuk belajar. Yang lebih spesifik, yakni memahami cara memperlakukan baju berdasarkan bahan atau kainnya. Keteledoran karyawan yang paling sering adalah menghilangkan cucian, salah menyetrika yang menyebabkan baju mengkerut atau
terbakar/tidak rapi, salah mencuci yang menyebabkan baju luntur warnanya, salah mengemas yang menyebabkan baju tertukar.
          Untuk menghindari hal itu, maka buatlah sebuah standart operational procedure ( SOP ) sehingga memudahkan proses kerja dan menghindari resiko - resiko diatas.



6.  Rutin melakukan maintenance peralatan dan perlengkapan kerja

          Anggaran untuk maintenance peralatan wajib kita sediakan minimal 10% dari laba bersih laundry setiap bulan, hal ini dilakukan agar peralatan dan perlengkapan kerja anda selalu berada dalam kondisi prima, selain itu lakukan service mesin maksimal 3 bulan sekali agar tidak ada mesin yang tiba - tiba rusak dan bisa mengganggu keberlangsungan laundry anda.


7.  Lakukan kegiatan promosi

         Dalam bauran pemasaran, salah satu hal yang mendukung kesuksesan suatu usaha adalah kegiatan promosi. Fungsi promosi sendiri ialah untuk menginformasikan dan mempengaruhi orang sehingga tertarik untuk melakukan transaksi produk barang atau jasa yang kita pasarkan. Dalam banyak usaha yang sukses, unsur promosi juga pasti selalu dianggarkan namun besar nya tergantung dari besar kecil usaha masing - masing. Ada berbagai macam cara untuk melakukan promosi didalam usaha laundry, antara lain program member, program cuci bulanan, voucher gratis, diskon khusus, dll.


Okee, itulah sedikit info tentang kunci sukses berbisnis laundry. Namun keberhasilan suatu usaha, tetaplah berada ditangan pemiliknya, semoga info diatas berguna bagi juragan juragan semua.



Original tips by Webmo,- 
dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. Salam sukses dari kami
    untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, chemical dan perlengkapan laundry kiloan maupun satuan silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bos_pengering, Facebook : Bos Pengering

    BalasHapus
  2. Casino Slot Games | DrmCD
    Find the 나주 출장샵 best bonuses, slots, free 목포 출장마사지 spins, roulette and more to play 포항 출장샵 for real money online. from a 밀양 출장마사지 huge range of games, such as 과천 출장마사지 free online slots.

    BalasHapus