Senin, 14 Juli 2014




Dasar-Dasar Bisnis Laundry 
  • Tentang Laundry & Segmentasi
Dengan perkembangan model busana dan aneka pernak perniknya. Misalkan, kain berkombinasi dengan bordiran, mute, payet rumbai rumbai kaca, bulu, logam dan masih banyak lagi. Sebagai kelengkapan rumah tanggapun semakin beragam seperti, bed cover, duved cover, berbagai jenis dan model handuk, dll. Dengan perkembangan kain serta modelnya maka pencucian dan perawatanya menjadi sulit, disinilah jasa laundry mulai diperlukan.
Laundry pun bukan sekedar tempat mencuci melainkan sebagai tempat perawatan pakaian agar lebih bersih dan awet, dan factor serba instant serta praktis menjadi trend bagi masyarakat saat ini.
Begitu pentingnya keberadaan laundry saat ini maka bisnis ini begitu berkembang pesat. Kalau jaman dulu jasa laundry masih dikelola oleh kebanyakan dihotel hotel tapi saat ini baik kalangan bermodal atau masyarakat umum mulai memanfaatkan jasa laundry.
  • Prosedur Laundry
Mengerjakan segala sesuatu harus melalui tahapan-tahapan yang benar. Tidak bisa tahap akhir dikerjakan di awal pekerjaan. Begitupun sebaliknya. Dalam hal laundry tahapan itu menjadi prosedur baku yang harus dilewati. Ada delapan langkah laundry yang wajib ditaati. Misalnya saja tahap pengambilan bahan yang akan dicuci, pemisahan, tahap pencucian, tahap pengeringan, atau tahap pressing.
  • Difinisi Kotoran di Laundry
Kotoran (Dirt) adalah benda yang tidak diharapkan pada textile atau permukaan lainya. Kotoran ini biasanya terdiri dari gabungan beberapa komponen, tergantung dari jenis dan pemakaian dari kain tsb, misalnya. 
  • Tentang Dryclean
Dry cleaning adalah proses mencuci dengan menggunakan solven, bukan air.
Langkah Meningkatkan Produksi
Operasional laundry tidak hanya menghasilkan cucian bersih, harum serta lipatan yang rapi. Tetapi juga harus menjaga keuntungan dengan cara mengontrol biaya operasional dan produksi cucian yang maksimal.
“Sumber : Pengusaha Laundry Jogja”

0 komentar:

Posting Komentar